Saturday 25 October 2014

I Hate Monday

Saya selalu merasa bahwa saya berada di suatu lingkaran kehidupan yang gila. Lingkaran itu berputar dan terus berputar seperti sebuah roda besar. Saya selalu berpikir dan bertanya kepada diri saya sendiri, bagaimana saya bisa menjalani suatu kehidupan yang sangat monoton seperti ini. Kenapa saya tidak memliki keberanian untuk keluar dari apa yang telah menjadi kebiasaan saya. Seandainya saja ada di dalam hati ini saya memiliki keberanian. Saya ingin sekali keluar dari rutinitas dan melakukan hal-hal saya pikir sangat luar biasa.

Saya ingin keluar dari rutinitas saya dan pergi ke hutan rimba. Merasakan hidup dan berserah diri kepada alam. Mengajarkan anak-anak rimba membaca dan menulis. Membacakan mereka cerita-cerita kepahlawanan dan mendongengkan mereka kisah-kisah putri dan pangeran tampan yang tentunya bisa saya ambil dari mbah google.



Saya ingin setiap bangun pagi hari merasa bersemangat. Bukan mengeluh dan berkeluh kesah, berteriak "damn, hari ini kerja lagi". Ini adalah problem saya, "saya mengutuk hari senin, dan bersuka cita pada hari jumat", Entah apakah ini terjadi pada diri saya saja atau orang lain juga. Saya pikir tadinya ada yang salah dengan kerjaan saya, tapi ternyata tidak. Bekerja kantoran, memang seperti itu. Yang salah ada di diri saya sendiri. Saya selalu dihantui oleh pertanyaan-pertanyaan yang akan saya selalu bawa menjelang tidur "apa yang telah saya perbuat hari", Jika saya jawab saya melakukan menulis konsep surat. Kemudian esok harinya saya kembali bertanya, dan saya menjawab lagi bahwa hari ini saya menulis konsep surat seperti kemarin. esoknya saya kembali menjawab saya menulis surat kembali. Jika itu terjadi hingga hari jum'at. Maka celakalah saya, karena saya telah menghabiskan 20 hari saya dengan melakukan pekerjaan yang sama setiap harinya, Apa kontribusi saya buat orang. Nihil. Saya hanyalah sebagian titik dari perusahaan besar yang berjalan bagaikan truk gandengan, Jika saya tidak ada, truk besar itu dapat berjalan dengan laju dan cepat..

Badan saya terasa tercambuk oleh perkataan Rene Suhardono "It is (not) what you're good at. It is what you enjoy the most !". Saya kembali menelusuri setiap mimpi yang masih saya pendam, apa yang saya sukai sebenarnya. Bukankah itu yang seharusnya kita lakukan setiap hari. Dengan begitu tidak ada lagi teriakan "I hate Monday". Bekerja pun bukan lagi sebuah beban, tapi menjadi area bermain. Seperti anak kecil mereka hanya jago bermain dan menghabiskan waktu. Karena yang ada dipikirannya adalah bermain dan sepenuhnya mereka habiskan untuk bermain.

No comments:

Post a Comment